LOKAKARYA 7 – PANEN KARYA

in , by Nida belajar, November 20, 2021

 


Salah satu rangkaian kegiatan dari program pendidikan guru penggerak adalah lokakarya yang diadakan setiap satu bulan sekali. Secara keseluruhan ada sembilan kali lokakarya, namun ada satu yang sepesial. Kegiatan spesial ada pada lokakarya 7. Menjadi spesial karena adanya panen karya.  Bisa dikatakan kegiatan di lokkarya 7 merupakan semi puncak dari seluruh rangkaian program pendidikan guru penggerak. Jika di sekolah ada acara samen (pentas kreasi siswa) maka di program guru penggerak ada panen karya.

Lokakarya 7 pendidikan calon guru penggerak angkatan 2 kabupaten Cianjur dilaksanakan pada tanggal 13-14 November 2021, bertempat di hotel Palace Cipanas- Cianjur. Tamu undangan yang hadir adalah para kepala sekolah dari masing-masing CGP (Calon guru penggerak), ketua yayasan, sekertaris dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Cianjur, perwakilan dari P4TK TK/PLB, para pengawas pendidikan dan komunitas praktisi.

Panen karya merupakan kumpulan hasil tugas-tugas selama menjalani pendidikan di program guru penggerak. Seluruh karya yang dibuat diperlihatkan pada lokakarya 7. Bisa dibayangkan betapa banyak hasil karya yang harus dipajangkan. Pendidikan yang sudah dilalui selama enam bulan dengan alur belajar MERRDEKA tentu saja menghasilkan banyak karya. Selain panen hasil karya juga ditampilkan kreasi seni untuk menghibur para tamu undangan.

 


Ruangan aula besar ditata menyerupai pameran yang di depannya ada panggung utama. Stan pameran dibagi perkelompok pengajar penggerak. Di stan inilah karya-karya CGP dipamerkan. Banyak sekali  banner berisi program-program yang telah dilaksanakan. Bahkan hasil karya murid dari program tersebut atau produk CGP dipamerkan.

Salah satunya di tempat saya sendiri yaitu stand PP 35. Nama stand diambil dari nomer PP, sedangkan nama Pengajar penggerak kami adalah Bapak Hendri Kurniadi, M.Pd. anggota kelompok kami semuanya tediri dari para wanita-wanita tangguh yang berjumlah delapan orang yaitu empat orang guru TK/PAUD, tiga orang guru SD dan satu orang guru SMP.

Secara garis besar program yang kelompok kami laksanakan terdiri dari dua bidang yaitu pertanian dan literasi. Program pertanian diantaranya gerakan menata lingkungan sekolah, memanfaatkan lahan sekolah dengan tanaman sayur dan buah, tanaman obat keluarga, ecobreak. Program literasi diantaranya membuat pojok pintar, Lolipop (lomba literasi populer), BBC (Baca buku cerita), magic book.

Acara dimulai dengan penampilan hiburan dari CGP, Ada nyanyi, pembacaan puisi, tarian. Penyambutan tamu undangan dengan adat sunda yaitu upacara adat dengan mneggunakan lengser dan persembahan penampilan angklung dari SDN Cimacan. Berikutnya sambutan-sambutan dan acara puncaknya yaitu pemaparan praktik baik perwakilan dari setiap kelompok PP.

Kemeriahan acara sungguh sangat terasa, dimulai dari dekorasi ruangan yang ditampilkan sangat menarik. Setiap stan mendekorasi tempatnya dengan sangat spesial berdasarkan tema-tema yang ditentukan. Ada yang BATIK, pertanian, lukisan pasir, literasi dan masih banyak lagi. Bahkan pakaian yang digunakan oleh para CGP pun disesuaikan dengan temanya. Ada yang menggunakan pakaian adat sunda, batik, jas dan lain sebagainya.

Aura kebahagiaan juga terpancar dari setiap CGP. Walaupun lelah, kurang tidur namun tetap semangat mempersiapkan dan menjalani rangkaian kegiatan. Perjalanan panjang pendidikan terbayar sudah dengan segala bentuk tampilan karya yang diapresiasi oleh pihak-pihak terkait. Juga menjadi inspirasi dan referensi untuk kepala sekolah dan teman-teman guru lainnya.


SHARE 13 comments

Add your comment

  1. tulisan yang menjadi motivasi dan inspirasi untuk perubahan belajar ke arah lebih baik

    BalasHapus
  2. Alhamdllah luar biasa dahsyatnya para calon guru penggerak.. Insyaallah bandung Barat siap beraksi di bulan April.. Semangat teh nida.dan.para guru penggerak angkatan 2πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ™πŸ™πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga Teh Nia, perjalanan masih panjang.

      Hapus
  3. Wowww keren bu pemaparannya sudah mewakili klp kita ya ...hehehe

    BalasHapus
  4. Sukses buat para CGP Cianjur....kerren tulisannya sangat menginspirasi

    BalasHapus
  5. Keren bu, selalu termotifasi karya nya bu

    BalasHapus

© NIDA BELAJAR · THEME BY WATDESIGNEXPRESS