TIPS LULUS SELEKSI CALON GURU PENGGERAK

in , by Nida belajar, Januari 07, 2022


 

Salah satu episode dalam merdeka belajar adalah program guru penggerak. Pada saat ini sudah memasuki angkatan ke 5 untuk tahap seleksi. Bahkan sudah ada dua angkatan yang selesai menjalankan program guru penggerak.

Ada dua tahap seleksi untuk bisa ikut dalam program guru penggerak. Tahap pertama yaitu registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai. Tahap kedua penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Maka diperlukan keinginan dan usaha untuk bisa mengikutinya.

Berikut ini beberapa tips agar bisa lulus seleksi calon guru penggerak.

Kuatkan Niat

Kuatkan niat dan tujuan untuk apa mengikuti program guru penggerak. Melalui niat yang kuat maka bagaimana pun sulitnya proses seleksi akan tetap bertahan. Ternyata tidak sedikit orang yang mundur pada seleksi tahap pertama, salah satunya karena melihat harus mengisi esai yang panjang. Selain harus kuat juga harus memiliki niat yang baik. Semoga dengan tujuan yang baik maka Tuhan memberi kelancaran untuk segala proses seleksi.

Meminta Izin Pada Keluarga

Proses pendidikan yang panjang yaitu selama sembilan bulan dan sekarang dipersingkat menjadi enam bulan tentunya akan melalui pasang surut. Perlu dukungan yang kuat dari orang-orang yang ada di sekitar terutama keluarga. Jika seorang istri maka memohon izin pada suami, begitu pula sebaliknya. Membicarakannya dengan anak-anak. bagi yang belum menikah meohon izin pada orang tua. Sekaligus memohon doa untuk kelancaran dan kelulusan seleksi. Dukungan dari keluarga dan orang-orang di sekitar kita sangat diperlukan terutama ketika mengalami masa surut, jenuh atau menghadapi masalah dalam proses pendidikan.

Baca Petunjuk secara teliti

Banyak informasi perekrutan yang sudah disampaikan baik berupa edaran dari kementrian, P4TK, bahkan dinas setempat. Bacalah informasi tersebut dengan teliti. Tandai tanggal mualai dan akhir dilaksanakan pendaftaran. Jangan sampai tertinggal pendaftaran karena salah melihat tanggal dalam informasi. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan.

Mendaftar sesuai dengan aturan yang telah ditentukan

Pada saat proses pendaftaran seperti mengisi biodata, pastikan sudah terisi dengan lengkap dan benar sebelum mengirimkannya. Jika ada ketentuan jumlah karakter atau kata pada pengisian esai maka penuhi bahkan lebih baik dilebihkan. Isilah sesuai dengan kenyataan yang dialami karena esai akan menjadi acuan juga pada saat proses wawancara.

Pastikan berkas yang akan diupload sudah discan dengan benar, besar file tidak lebih dari 1 MB. Dokumen yang diperlukan diantaranya KTP (kartu tanda penduduk), Ijazah terakhir minimal S1/D4, SK Mengajar dan Surat izin dari pimpinan/ atasan langsung tempat bekerja sesuai dengan format yang telah disediakan. Format dapat diunduh pada laman pendaftaran.

Persiapkan untuk tes Mengajar dan Wawancara dengan biak jika lulus pada seleksi tahap berikutnya. Tips untuk tahap dua akan ditulis secara khusus.

Berdoa

Informasi yang semakin gencar dan peraturan menteri yang berubah pada hal-hal tertentu dan berkaitan dengan guru penggerak menjadikan program pendidikan guru penggerak semakin banyak peminat. Sedangkan kuota yang diberikan hanya sedikit dan secara bergilir. Tidak setiap angkatan ada di wilayah tersebut. Contohnya saja Kabupaten Cianjur kebagian angkatan 2 dan akan ada lagi diangkatan 6. Jumlah kuota yang disediakan adalah total untuk semua jenjang. Maka dari hal ini terlihat persaingan yang semakin ketat.

Usaha lain selain teknis pendaftaran, pengisian esai adalah doa. Percaya atau tidak bahwa takdir kehidupan itu ada. Maka untuk menjemput takdir yang baik, berusahalah juga dengan memohon pada sang penentu. Berdoa kepada Tuhan adalah salah satu caranya.


Selamat berjuang dan sukses untuk teman-teman yang akan mengikuti seleksi calon guru penggerak.

SHARE 32 comments

Add your comment

  1. Mabtap tip nya...keren bu nida
    Semangat buat rekan2 guru indonesia guru bergerak Indonesia Maju.

    BalasHapus
  2. kereeen bu Nida....
    hatur nuhuuun

    BalasHapus
  3. hebaatt bu Nida...hatur nuhuuuun

    BalasHapus
  4. Keren bu Nida...👍
    Sangat menginspirasi 🙏

    BalasHapus
  5. Keren bu nida sangat inspirasi

    BalasHapus
  6. Bu Nida... kerennn. sangat bermanfaat dan menginspirasi 👍👍

    BalasHapus
  7. Sukses bu Nid dan sukses untuk semua

    BalasHapus
  8. Keren, terima kasih informasi nya bu Nid

    BalasHapus
  9. terima kasih tips nya bu... sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  10. Terima kasih Bu info nya
    Saya boleh mendaftar tidak? Sebab sekolahnya di kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh sekali, program ini tidak berbatas jarak. Spesial untuk Bapak saya sarankan daftar jadi fasilitator aja hehe

      Hapus
  11. Kereeeen bu nida...hatur nuhun tips nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. Wah, saya baru tahu ada program ini mbak. Dulu pas ngajar juga gak tahu ttg program ini, mungkin krn di skolah swasta kali ya.

    Sukses terus mbak

    BalasHapus
  13. Sama-sama semuanya. Syukur Alhamdulillah jika bermanfaat.

    BalasHapus
  14. Sangat menginspirasi ❤. Sukses selalu untuk Bu Nida 😊🙏

    BalasHapus
  15. Lengkap informasinya nih, terimakasih mbak Nida

    Jadi Seorang guru memang butuh tips dan trik sejak awal, Semoga semua yang daftar CGP dilancarkan yaaa

    BalasHapus
  16. Gara-gara membaca ini, saya jadi browsing lebih banyak ttg guru penggerak. program yang menarik. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh teman2 guru

    BalasHapus
  17. Semangat pahlawan tanpa jasa, menghasilkan generasi cerdas beriman dan bertakwa.

    BalasHapus
  18. Tips yg sangat mencerahkan bagi yg mau mendaftar guru penggerak. Di angkatan berikutnya, semoga aku bisa ikut dan lolos.

    BalasHapus
  19. Sharing yang menambah wawasan saya sebagai ibu rumah tangga

    BalasHapus
  20. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, memang harus butuh persiapan matang kalau mau berhasil. Tips bagus, bisa diterapkan dalam semua hal yang bersangkutan dengan ujian~

    BalasHapus
  21. Wah baru tahu nih infonya kak. Guru Penggerak apakah sama dengan Relawan gitu ya kak? Jadi lebih termotivasi juga.

    BalasHapus
  22. Guru penggerak ini apakah untuk menambah degree?

    BalasHapus
  23. Semangat terus, yaaa, para pendidik bangsa, yg harus terus beradaptasi dengan kebijakan dan peraturan yg terus mengalami penyegaran. Thankyou for sharing mba, sukses ya

    BalasHapus
  24. Semangat untuk para rekan-rekan guru semua. Semoga apa yang diharapkan dan diperjuangkan bisa berbuah manis.

    BalasHapus
  25. Whaa saya baru tahu ada program guru penggerak, kereen banget dan semoga bisa semakin memperkuat support system pendidikan negeri kita, Aamiiin

    BalasHapus
  26. Semangat buat rekan-rekan guru se indonesia raya

    BalasHapus
  27. Guru penggerak akan ditugaskan di daerah mana mbak?

    BalasHapus
  28. Wah aku baru dengar ada program guru penggerak. Cus ah searching

    BalasHapus
  29. semoga semakin banyak progran-progran seperti ini, terutama buat daerah-daerah pelosok 😇

    BalasHapus

© NIDA BELAJAR · THEME BY WATDESIGNEXPRESS